Visi :

FMIPA yang dikenal baik secara internasional dan unggul secara nasional dalam kegiatan Tridarma Perguruan Tinggi, serta menghasilkan lulusan yang kompeten dalam bidangnya, literate dalam teknologi informasi, berjiwa wirausaha, dan mampu bersaing ditingkat nasional dan internasional yang dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Misi :

  1. Menumbuhkembangkan semua jurusan dan program studi di lingkungannya agar mampu menyelenggarakan pendidikan MIPA yang berkualitas, bermutu dan sesuai kebutuhan masyarakat.

  2. Menumbuhkembangkan semua jurusan di lingkungannya agar mampu menyelenggarakan penelitian dasar maupun terapannya secara terpadu dan bertaraf internasional yang menunjang pengembangan IPTEK untuk kesejahteraan bangsa dan umat manusia.

  3. Meningkatkan peran FMIPA sebagai institusi yang mempunyai kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat melalui rangkaian kegiatan pemanfaatan MIPA untuk menunjang kesejahteraan dan kenyamanan masyarakat dalam aspek material maupun spiritual. sehingga masyarakat dapat diyakinkan dan diajak bersama-sama (corporate) untuk lebih mengembangkan ilmu dan terapan MIPA

  4. Menjadikan FMIPA sebagai pusat layanan penelitian, pelatihan, konsultasi, dan jasa dalam bidang keilmuan MIPA dan terapannya.

Tujuan :

Tujuan FMIPA Universitas Negeri Makassar adalah untuk:

  1. Menghasilkan Sarjana, Magister, dan Doktor dalam bidang keilmuan MIPA dan terapannya, yang unggul secara intelektual, anggun secara moral, kompeten dalam bidangnya, mempunyai komitmen dan etos kerja yang tinggi, berwawasan kebangsaan, dan kritis dalam berpikir, berbicara, dan menulis, serta kreatif dalam memecahkan masalah, inovatif dan imajinatif dalam berkarya.

  2. Menumbuhkembangkan riset problem–solving, riset disipliner, dan riset multidisipliner, serta kajian dan pengembangan dibidang MIPA.